Beranda > Tulisan Bebas > BI Kampanye Riba ??

BI Kampanye Riba ??

Ada yang menarik bagi saya saat berkunjung di stand BI ( Bank Indonesia ) di arena PRJ kemarin. Ada sebuah “stand banner” yang berisi ajakan untuk menabung. Banner tersebut mengambil bentuk kartun. Ini bagian yang menarik menurut saya :

bi

Dari gambar atas digambarkan secara  jelas keuntungan menabung di bank. Yaitu akan mendapatkan bunga (riba) atas tabungan kita.

Nah…
Bukankah bunga atau riba itu adalah suatu hal yang dilarang dalam agama Islam. Kalaupun berganti nama menjadi lebih “halus”, namun hakikatnya masih tetap sama. Bunga adalah  “tambahan” yang kita dapat dari tabungan kita. Yang besarnya dapat dihitung di awal bulan , berupa persen dari tabungan kita.

Kalau saya untuk sekarang allhamdulillah sudah beralih ke Bank Syariah (Muamalat). Insyaallah sudah terbebas dari bunga/riba, karena menggunakan sistem bagi hasil.  Kalaupun masih ada rekening yang lain, itu hanya sebagai sarana transfer gaji saja, numpang lewat dari rekening perusahaan, kemudian saya transfer ke rekening Muamalat.

Kembali mengenai Bank Indonesia, saya tidak heran kalau BI masih mengandalkan sistem bunga. Karena memang  sistem ekonomi yang dianut Indonesia adalah sistem kapitalis. Semua akan berujung pada usaha untuk menambah kapital (modal) yang kita miliki. Begitu juga dalam hal perbankan, para nasabah diimingi-imingi keuntungan berupa pelipatgandaan tabungan (modal) mereka dengan sistem bunga.

Alhamdulillah, bank-bank yang menganut sistem Syariah  sudah mulai banyak bermunculan. Baik bank-bank yang berdiri sendiri ataupun masih berupa unit khusus dibawah bank induk. Seiring dengan pemahaman yang semakin baik dari masyarakat, insyaallah sistem ekonomi syariah dapat diterapkan di Indonesia.

Tolak Riba
Terapkan ekonomi syariah
Tolak Dollar
Saatnya beralih ke Dinar

Kategori:Tulisan Bebas
  1. November 11, 2008 pukul 5:30 am

    Bagus tuh saran dan kritik nya buat Bank Indonesia,Tapi ada satu hal yg bikin willi agak ragu atas kesengajaan Bank Indonesia menyampaikan pesan Riba melalui karikatur tersebut.Apakah bukan sebaliknya? Coba Anda lihat lagi ( lihat anak-anak sekolah,siswa-siswa nya.mereka kan tidak menerima atas sikap gurunya yang mengajak mengambil keuntungan bunga) dan yang mau saya tanyakan kepada anda,dimana letak informasi yang anda dapatkan tentang unsur kesengajaan Bank Indonesia melakukan kampanye riba melalui pesan karikatur itu tsb? saya sempet belajar tentang desain komunikasi visual,yang mana kita bisa berkomunikasi langsung dengan desain.dan menurut saya,desain tersebut menggambarkan efek opotition ( efek berlawanan ) yang mana ada tulisan VS ( versus) disebelah kiri gambar ada anak kecil yg menggambarkan keinginan riba, dan di tengah2 ada tulisan VS ( versus/berlawanan ) dengan gambar disebelah kanan,yang menggambarkan guru yang mengajak riba,tapi!!! sikap anak-anak( siswa ) menolak nya dengan berteriak yaaa!!!.memang yang mendesain karikatur tersebut kurang memasukan komunikasi visual yang jelas.dan hasilnya adalah kesalahpahaman maksud dan tujuan desain tersebut. mungkin itu saja yang bisa saya komentar,sebelumnya saya ucapkan maaf dan terima kasih atas kesempatannya.

  2. November 22, 2008 pukul 9:49 am

    Saya pakai BSM.
    Manyus..

    gus gus, saya ambil gambarnya yah..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

