Beranda > Memaknai Kerja > Bekerja sebagai Ibadah

Bekerja sebagai Ibadah

 

gambar dari : http://dianparamita.com

Pemaknaan bekerja sebagai ibadah bisa berbeda-beda antar orang. Ada yang berpendapat apabila kita bekerja dan memperoleh rizki dengan cara yang halal, maka itu sudah termasuk ibadah. Hal ini menurut saya tidak salah, namun tidak cukup hanya seperti itu saja. Ada tiga hal yang menurut saya bisa untuk memaknai kerja sebagai ibadah.

Bekerja adalah suatu proses untuk menghasilkan karya. Sebuah karya yang harus dapat dirasakann manfaatnya. Maka bekerja adalah sebuah proses memberkan kemanfaat kepada orang lain. Itu adalah nilai ibadah dalam bekerja. Dengan pemaknaan ini, maka semakin keras kita bekerja, semakin besar manfaat yang dirasakan orang lain maka semakin tinggi nilai ibadah kita.  Bukankah Rasulullah SAW bersabda : Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain ?

Manfaat yang timbul dari bekerja ini bisa dilihat dari dua sisi.

Yang pertama adalah secara langsung dari proses kerja kita. Sebagai contoh adalah guru yang selama proses bekerja langsung memberikan manfaat yang dirasakan oleh anak didiknya. Atau dokter dan perawat yang membantu orang sakit. Atau bisa juga seorang penyapu jalan yang membersihkan jalanan dari sampah dan kotoran.

Yang kedua bisa dari hasil kerjanya. Dari penghasilan yang kita perolah dari pekerjaan kita. Apabila penghasilan tersebut kita gunakan untuk memberi manfaat lewat zakat atau infaq, maka kerja kita juga bernilai ibadah.

Semua hal diatas dengan suatu catatan penting. Bahwa dalam bekerja kita harus ikhlash tuk mencari ridho Allah semata.
(old note in 2008)

Iklan
Kategori:Memaknai Kerja
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: